Cara Kirim Sitemap Blog ke Google Webmaster Tools - Untuk dapat sukses didunia blogging, anda harus bisa memperoleh "traffic organic" yang baik. Traffic organic adalah lalu lintas, atau pengunjung yang datang secara langsung melalui mesin pencarian Google. Jika anda blogger pemula seperti saya, maka anda harus memperhatikan hal ini, dan melakukan tips ini. Jika anda seorang blogger, maka anda harus mengetahui fungsi Webmaster Tools. Google Webmaster Tools ataupun Bing Webmaster Tools. 

Google Webmaster Tools adalah alat yang yang disediakan oleh Google, secara garis besar fungsi Webmaster Tools adalah untuk membantu pengindeksan blog di mesin pencarian Google. Anda hanya perlu melakukan verifikasi kepemilikan blog anda di Google Webmaster Tools dan kemudian masukkan sitemaps blog anda, sehingga mesin Google akan melakukan proses crawling pada blog anda melalui kode sitemap yang anda masukkan tadi, begitulah prosesnya. 

Hal ini sangat penting dan harus dilakukan oleh para blogger, untuk memberitahukan kepada Google tentang blog anda dan juga konten yang terdapat didalam blog anda, ini juga merupakan salah satu tekhnik SEO yang telah dilakukan oleh para blogger lainnya. 

Setiap kali anda memperbaharui blog anda dengan postingan baru, maka sitemap tadi akan membantu pengindeksan di mesin pencari dengan sangat mudah. Dan inilah topik yang akan kita pelajari bersama dan akan saya tuliskan pada artikel saya kali ini. 

Mengapa Hal Ini Penting Dan Harus Kita Lakukan?
Tentu ini menjadi sebuah pertanyaan bagi kita para blogger. Jawabannya adalah sederhana, jika kita tidak mengirimkan sitemap blog ke Google Webmaster Tools, maka blog kita tidak akan mendapatkan traffic yang baik didalam blog anda. Karena hal ini sangat penting dilakukan untuk proses pengindeksan atau crawling Google ke dalam situs blog kita. Dan yang perlu anda ketahui adalah, mengirimkan Sitemap Blog adalah salah satu teknik SEO Off-page pada blog. 

Cara Kirim Sitemap Blog ke Google Webmaster Tools

  • Silahkan kunjungi situs Google Webmaster Tools
  • Pada bagian Dashbord, silahkan pilih atau klik blog anda
  • Masuk Ke Menu Crawling (Perayapan). Perhatikan gambar dibawah ini
Cara Kirim Sitemap Blog ke Webmaster Tools

  • Pilih Menu Peta Situs (Sitemaps)
Cara Kirim Sitemap Blog ke Webmaster Tools

  • Klik Tambahkan/Uji Petas Situs (Add/Test Sitemap) pada bagian pojok kanan atas
  • Silahkan anda copy dan pastekan kode dibawah ini, kemudian pilih Mengirim Peta Situs "Submit Sitemap"

/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Catatan : Kode diatas adalah jika situs atau blog anda memiliki postingan 1-500 artikel, dan jika didalam blog anda memiliki lebih dari 500 artikel maka gunakan kode dibawah ini.
/atom.xml?redirect=false&start-index=500&max-results=1000
Atau anda bisa menggunakan kode dibawah ini. Pilih salah satu dari kode dibawah ini
/feeds/posts/default?orderby=updated
/sitemap.xml
Setelah anda mengirimkan Sitemap, maka Google Webmaster Tools akan melakukan proses crawling ke dalam blog anda. Prosesnya sedikit lama, mungkin mencapai 1 hari (24 jam) atau bisa kurang dari itu.

Demikian Cara Mengirim Sitemap (Peta Situs) Blog Ke Google Webmaster Tools yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Semoga tips Mengirim Sitemap Blog ini bisa bermanfaat untuk anda semua yang masih pemula. Jika terdapat masalah dan saran silahkan anda tinggalkan didalam kotak komentar dibawah ini. Selamat Blogging dan salam blogger!

Post a Comment

> Tuliskan komentar anda dibawah ini dengan sopan.
> Komentar yang mengandung Link Hidup kami anggap sebagai spamm. Dan jenis komentar ini terpaksa tidak akan kami tampilkan.
> Ayo budayakan blogwalking dengan baik dan bijak.
> Terima kasih sudah berkunjung.