Hal Penting Yang Harus Anda Lakukan Setelah Membuat Blog - Hai sobat blogger dimanapun Anda berada, kali ini saya ingin membuat sebuah artikel panduan membuat blog bagi para pemula yang baru belajar tentang ngeblog, dan pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi terkait apa saja yang harus dilakukan setelah membuat blog. 

Bagi mereka yang masih pemula atau baru membuat blog, tentu mereka bingung tentang apa aja yang harus mereka lakukan sama blognya. Sebagian dari mereka hanya mengerti bahwa membuat blog itu hanya menulis artikel saja, kemudian berharap artikelnya dapat ditemukan oleh mesin pencari, dibaca orang lain dan mendatangkan banyak pengunjung.

Hal Penting Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Blog

Dan tidak sedikit dari mereka yang melakukan hal-hal konyol yang justru membuat blog dipandang buruk oleh mesin pencari dan para pembaca. Dulu, pada awal saya mengenal blog, saya haya menulis dan berusaha menerbitkan artikel sebanyak-banyaknya, kemudian saya berharap artikel saya dapat ditemukan dan dibaca oleh orang lain, alhasil keinginan saya tersebut harus saya telan bulat-bulat, karena semua tidak membuahkan hasil sesuai keinginan saya.

Dan saya yakin, Anda pun pernah mengalami hal yang sama seperti saya diatas. Tahukah sobat blogger, bahwa membuat blog tidak hanya sekedar menulis asal-asalan saja, tetapi mereka yang sudah berhasil dengan blognya, membuat sebuah cara sendiri dan terus berusaha semaksimal mungkin untuk membuat blognya tampil optimal. 

Nah, berikut ini adalah hasil pengalaman saya selama blogging, dan saya tuliskan untuk sobat blogger yang masih pemula atau yang baru mau belajar tentang blog. Dengan panduan ini saya harapkan blog yang akan Anda kelola dapat tampil optimal, dengan panduan ini pula saya harapkan nantinya Anda tidak bingung lagi terkait apa saja yang harus Anda lakukan setelah membuat blog baru. 

Bagi sobat yang ingin mempelajarinya, silahkan simak ulasannya dibawah ini tentang apa saja yang harus dilakukan setelah membuat blog, langkah ini juga dapat dikatakan sebagai teknik SEO untuk blog baru.

Mendaftarkan Blog ke Mesin Pencari

Saya anggap sobat yang membaca panduan ini sudah mempunyai blog, dan jika belum punya silahkan sobat membuatnya terlebih dulu dengan menggunakan platform gratis dari Google yaitu Blogger.

Langkah penting pertama adalah mendaftarkan blog Anda ke berbagai mesin pencari, dalam hal ini saya utamakan adalah Google dan Bing, karena memang kedua mesin pencari ini lebih banyak digunakan ketimbang mesin pencari lainnya. Untuk membuat blog Anda dikenali oleh Google dan pencari lainnya, maka Anda harus berkenalan dengannya terlebih dulu. Selain itu, langkah ini berfungsi untuk membuat blog Anda lebih optimal didalam pencarian, sehingga lebih mudah untuk mendatangkan pengunjung pada akhirnya nanti setelah diisi dengan konten artikel.

1. Merapihkan Desain Blog

Setelah membuat blog baru, hal pertama dan sangat pokok adalah merapihkan desain tempilan blog. Dalam hal ini saya hanya menyarankan untuk merapihkan saja dan tidak menggantinya dengan template custom, usahakanlah menggunakan template bawaan blogger terlebih dulu. Tidak usah terburu-buru ingin merubah tampilan blog sedimikian rupa.

2. Mendaftarkan Blog ke Webmaster Tools

Langkah berikutnya adalah membuat dan mendaftarkan blog yang baru saja Anda buat ke dalam Webmaster Tools. Tools ini berfungsi untuk memudahkan robot pencari Google untuk berinteraksi pada blog kita, serta untuk mengetahui terjadinya error atau kesalahan terhadap blog kita sehingga lebih mudah untuk diperbaiki sedini mungkin. Bahkan, Webmaster Tools Google juga berfungsi untuk melakukan teknik SEO tingkat lanjut. Dan jangan lupa setelah mendaftarkannya disana, submit sitemap blog Anda didalamnya.

3. Mendaftarkan Blog ke Google Analytics

Sama halnya dengan Webmaster Tools, untuk membuat blog Anda lebih optimal, Anda juga harus mendaftarkan blog Anda serta membuat akun didalam situs Google Analytics. Peranan Google Analytics adalah untuk mengetahui interaksi, serta memberikan laporan detail tentang pengunjung blog Anda nantinya. Dan tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengetahui artikel mana yang paling banyak menyumbangkan traffic blog, sehingga Anda bisa mempelajari jenis konten seperti apa yang telah membantu blog Anda ramai dikunjungi.

4. Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster

Seperti sedikit saya jelaskan diatas, bahwa Bing juga merupakan salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan selain Google. Sehingga menurut saya sangat penting sekali untuk mendaftarkan blog Anda didalam Webmaster Tools Bing, hal ini berfungsi untuk memudahkan artikel dan blog Anda cepat di-index oleh mesin pencarinya, bahkan fungsinya tidak jauh berbeda dengan Webmaster Tools punya Google.

Demikian artikel sederhana untuk para blogger pemula mengenai apa saja yang harus dilakukan setelah membuat blog, supaya semakin SEO blog tersebut. Semoga bermanfaat, nantikan artikel dari kami selanjutnya.

4 Comments

> Tuliskan komentar anda dibawah ini dengan sopan.
> Komentar yang mengandung Link Hidup kami anggap sebagai spamm. Dan jenis komentar ini terpaksa tidak akan kami tampilkan.
> Ayo budayakan blogwalking dengan baik dan bijak.
> Terima kasih sudah berkunjung.

  1. Intrupsi mastah!
    Yang no. 4 typo yah!
    Salam blogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk koreksinya gan...salam sukses selalu buat agan

      Delete
    2. Sama-sama mastah!
      Oh ya! buat banner nya gimana tu?
      Ajarin dong mastah!

      Delete
    3. Waduh...panggilnya jangan mastah ya, saya juga masih belajar gan. Hanya saling berbagi saja kok. Ohya banner mana yang agan maksud? Saya tidak memasang banner apa-apa di blog ini gan.

      Delete

Post a Comment

> Tuliskan komentar anda dibawah ini dengan sopan.
> Komentar yang mengandung Link Hidup kami anggap sebagai spamm. Dan jenis komentar ini terpaksa tidak akan kami tampilkan.
> Ayo budayakan blogwalking dengan baik dan bijak.
> Terima kasih sudah berkunjung.